Saat ini banyak sekali pengguna ponsel dengan sistem operasi android di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Seperti yang kita semua ketahui, salah satu bagian terpenting dari ponsel adalah bagian lcd atau layar. Layar yang tiba-tiba menjadi blank dan hitam tentu akan sangat mengganggu. Jika kamu sedang mengalaminya, beginilah beberapa cara mengatasi android blank hitam.

Tips Mengatasi Layar Android Blank Hitam

Lepas Case Pelindung Ponsel

Setiap ponsel memiliki sensor yang bernama sensor proximity. Biasanya, sensor ini aktif saat kamu sedang melakukan panggilan telepon karena ponsel menempel di telinga, sehingga sensor tersebut aktif dan mematikan layar. Kamu bisa mencoba untuk melepas case pelindung ponselmu karena mungkin case tersebut menutupi sensor proximity sehingga membuat layar blank hitam

Lepas Kartu SIM, Kartu Memori, dan Baterai

Ketika kamu baru menyalakan atau merestart ponsel namun layar blank hitam, mungkin penyebabnya karena sistem di ponsel tidak termuat secara optimal. Bisa jadi, beberapa part di ponsel tidak terpasang dengan sempurna. Kamu bisa mencoba untuk mematikan kembali ponsel, lalu melepas beberapa part seperti kartu sim, kartu memori, dan baterai. Tunggu sesaat lalu pasang kembali.

Keringkan Ponsel

Cara mengatasi android blank hitam selanjutnya adalah keringkan ponsel. Jika ponselmu pernah kehujanan atau kemasukan air, mungkin hal tersebut yang menyebabkan layar ponsel android kamu muncul blank hitam. Jika tidak segera diatasi, ponselmu bisa rusak. Cara mengeringkannya adalah dengan melepas semua bagian part ponsel, lalu masukkan ke kantong beras selama 2 hingga 3 hari.

Selain memanfaatkan beras, kamu juga bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan ponselmu. Namun, setel tingkat kepanasannya ke tingkat paling rendah agar tidak merusak bagian ponselmu. Setelah ponsel kering, pasang semua bagian part ponsel dan periksa apakah sudah bisa dioperasikan kembali.

Ganti Baterai Ponsel

Saat menyalakan ponsel dan logo android sudah muncul namun kemudian layar blank hitam, ada kemungkinan baterai ponsel sedang bermasalah, seperti yang dikemukakan https://ilab.cc/. Baterai ponsel dapat drop jika penggunaan ponsel terlalu berlebihan sehingga ponsel harus diganti. Saat mengganti baterai ponsel, usahakan untuk menggantinya dengan merk resmi sehingga minim resiko akan rusak kembali.

Reflash Ponsel

Ketika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, layar blank hitam di android berarti bahwa sistem di dalamnya rusak. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba untuk reflash ponselmu. Flash ponsel berguna untuk mengganti sistem ponsel yang lama ke sistem terbaru. Setiap ponsel memiliki cara flash yang berbeda-beda. Namun, umumnya flash ponsel membutuhkan laptop dan aplikasi flash ponsel.

Sayangnya, cara ini memiliki resiko kegagalan. Resiko kegagalan ini dapat membuat data dalam ponsel hilang sehingga ponsel menjadi kosongan seperti saat pertama kali membeli. Resiko paling parah adalah ponsel akan mati total jika mengalami kegagalan flash ponsel. Jika kamu ragu, tidak ada salahnya untuk membawa ponsel ke tempat servis.

Bawa Ponsel ke Tempat Servis

Solusi terakhir untuk mengatasi ponsel android yang tiba-tiba layar menjadi blank hitam adalah memperbaikinya ke tempat servis. Layar blank hitam mungkin disebabkan kerusakan kompleks yang ada di sistem ponsel sehingga sulit untuk memperbaikinya sendiri. Untuk itu, kamu perlu membawa ponsel ke gerai resmi atau tempat servis terdekat.

Layar ponsel yang tiba-tiba blank hitam tentu sangat mengganggu, terutama bagi orang-orang yang kegiatannya sangat bergantung pada ponsel. Jika hal itu terjadi pada kamu, cobalah beberapa cara mengatasi android blank hitam di atas sebelum membawanya ke tempat servis. Semoga berhasil!